Langsung ke konten utama

Strategi Peluang Dan Tantangan Wirausaha Digital

 

Strategi Peluang Dan Tantangan Wirausaha Digital

Mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu matakuliah wajib yang di tempuh oleh selurus mahasiswa Universitas negri Jakarta. Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiwa Universitas Negri Jakarta, Fakultas ekonomi mengenai kewirausahaan digital. Pada hari Rabu, 17 maret  2021, saya mengumpulkan sebuah informasi dari seorang Ir.Ibm Jayamarta,Mm yang sangat  professional dalam bidang ITE, yang memiliki banyak sekali pengalaman, dan kompetensi dalam ITE, dan merupakan menejer di PT indoguna.

Kewirausahaan digital memiliki banyak sekali kegunaan untu berbisnis. Kewirausahaan digital merupakan kegiatan bisnis yang memanfaatkan skill di bidang teknologi dan computer. Kewirausahaan digital memiliki manfaat sepeti mempromosikan sebuah brand ataupun produk menggunkan media digital/ sosial.

            Contoh dari wirausaha digital oleh pt indoguna tentang bagaimana implementasi teknologi informasi dan bagaimana cara prospek kedepannya untuk memajukan produk. PT indoguna sebagai distributor memiliki pola bisnis Food Supply Chain Menegement atau menejemen fluktok pamasok khusus untuk makanan. Hal pertama yang perlu di perhatikan yang pertama adalah Distributor Network, Distributor menegement, dan Transportation Menegement.  dimana PT indoguna, harus mengetahui bagaimana cara pendistribusian ke cabag lain di provinsi- provinsi besar di seluruh Indonesia, kemudian distribusi menejement,dan tranpotasi menejemen untuk pengiriman barang sebuah produk terkirim dengan baik.

Selanjunya ada prinsip kerja di Pt. Indoguna yaitu Food Safety, Food Quality, dan Sustainability dimana menjaga keamana bahan yang akan di produksi, kualitas bahan, sehingga kesinambungannya dapat di jangkau. PT Indoguna memanfaatkan teknologi infomasi untuk mendapatapatkan daya saing yang kuat, dimana ketika suplayer memesan PT.Indoguna langsung mengatar pesananny, makadari itu PT.Indoguna sangat memerlukan teknologi informasi yang handal untuk mengantar pesanan. PT.Indoguna memilik suplayer dari berbagi kota, provinsi sampai luar negri. Produk barang yang di produksi di PT.Indoguna yaitu daging, kentang, keju dll. Sehingga PT.Indoguna sangat memerlukan teknologi untuk menyimpan yaitu Frozen, Chilled, dan Dry.

Strategi berbisnis dalam menggunakan di gital. Yang pertama dalam strategi berbisnis menggunakan digital yaitu pempromosikan  KEUNGGULAN KOMPOTITIF dimana bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk dengan kepuasan pelanggan. Yang kedua adalah OMNICHANEL yang bertujuan untuk bagaimana cara menghubungkan berbisnis offline menjadi online. Yang ketiga adalah BIG DATA dimana kita menggunakan sap bisnis untuk mendukung transaksi bisnis, dan memperkirakan/ memprediksi penjualan di hari yang akan dating. yang keempat ada CYBERSECURITY yaitu pengawasan untuk melidungi informasi bisnis perusahaan. Yang terakhir adalah KAPABILLITAS DIGITAL yang merupakan kapasitas untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.

Tantangan dan peluang bisnis PT.Indoguna di Indonesia, yaitu dengan menggunakan jangka, dan memperkirakan elemen-elemen yang telah masuk keduania digital. PT. Indoguna melakukan penelitian untuk masuk kedunia digital memiliki 4 hal yaitu, yang pertama, Mobile Interner,yang kedua Cloud Tecnology atau komputasi awan, yang ketika pemanfaatan internet of things, dan yang terakhir Big Data dan Advenced Analysis.

Prospek mahasiswa menjadi interpreneur yaitu dengan Creating The Future From The Future, dimana mahasiswa membayangkan kedepannya seperti apa dengan menginvestasikan waktunya untuk mempelajari dimasadepan. Seperti prospek digital dalam 4 hal yaitu Mobile Interner, Cloud Tecnology, pemanfaatan internet of things, Big Data dan Advenced Analysis. Perkiraan pada pabrik- pabrik yang penuh dengan sensor,  contoh tentang sensor, seperti pada pabrik buku, ketika mesin yang bekerja dengan baik, dan tidak akan dipakaikan sensor yang akan di kirim melalu hp. Sensor juga akan mengirim data yang dapat digunakan untuk efesiensi  kwalitan dan pemelihara alam, yang akan di dukung oleh system online. Kemudian pekerjaan berat akan di kerjakan dengan cara otomatis.

Contoh yang kedua tentang retail, dimana pelayan took yang biasanya banyak dan di masa akan mendatang akan berkurang. Kemudian dalam bidang pertanian dimana pengiriman barang akan di gantikan dengan dron., pembajakan akan menggunakan draktor yang otomatis, dan penyiraman secara otomatis menggukan suhu.

Kompetensi apa yang harus dimiliki bila anda berniat menjadi wirausahan digita. Yang pertama menyiapkan target finansial terbagi menjadi dua model yaitu yang pertam tentang bagaimana strategi untuk root (mengembangkn driri) dan yang kedua tentang produktifitas. Dalam target sebuah financial kita harus mengejar kemuaskan pelanggan. Saat pelanggan telah puas kemudian proses internal apa yang harus di kerjakan. Untuk mendapatkan hasil internal yang bagus kita harus menyiapkan dan harus belajar terlebih dahulu. Sebelum menjual barang seblumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu mulai dari harga, kwalitas barang, produknya tersedia apa engga, layanan, mitra dan citra dalam barang tersebut.

Dalam kompetensi menjaadi wirauahan sebelum membuat pelanggan menjadi puas kita harus menyiapkan yang pertama menejemen oprasionalnya mulai dari pemasok, Produksi, Distribusi, dan resiko. Yang kedua menejemen pelanggan mulai dari kita menseleksi sebuah pelanggan, akusisi, loyalitas, dan tumbuh dalam barang apa yang di perlukan. Yang ketiga Inovasi, dimana kita harus memulai dari mengidentifikasi peluang usaha, rancangan baangun, dan luncurkn.  yang terakhir ada Regulasi dan Sosialisasi, dimana sebelum kita memproduksi sebuah barang kita harus melihat lingkungan di sekitar kita untuk memproduksi barang, keselamatan dan kesehatan, dalam memproduksi sebuah barang kita harus menjaga kesehatan dan keselamatan para pekerja. Untuk melaksanakan  kompeteensi wirausahaan harus melihat dari SDM,  yang harus memiliki kemampuan dan kemauan, setalelah itu mencari informasi, setalah semuanya sudah baru mulailah membuat organisasi.

Kompetensi yang di butuhkan dalam berwirauaha

1.    Komunikasi

Komunikasi adala keterampilan trpenting di wirausaha. Wirausaha harus bias menjalankan ide promosi ke invertor pelanggan. Dan ini merupakan kunci kesusksesan kewirausahaan

2.    Finansial

Memiliki kecerdasan finansial sangan penting dalaam wirausaha. Untuk emengendalikan aruskas.

3.    Merek

Setiap wirausaha harus memiliki merek. Merek merupakan cara untuk mempermudah dalam wirausaha. Wirausaha harus memiliki merek yang kuat yang dapat mempengaruhi preosuk dan perusahaannya.

4.    Marketing

Seorang wirausaha, punya produk yang terbaik, tetapi jika tidak tau bagaimana marketingnya makan tidak berharga sebuah produk. Kita harus memedalami secara mendalam bagaimana pmasaran digital untuk mengoptimalkan serch engine.

5.    Networking

Networking merupakan tali silahturahi akan memperluas rezeki. Semakin luas jaringan silahturahmi semakin terkenal preoduk yang di pasarkan.

6.    Automotion

Automation melakukan hal yang sama berulangkali, yang akan mempengaruhi sebuah produk. Wirausaha jika memiliki perangkat lunak yang tidak bias mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendesaian.

 

7.    Design

Wirausahaan memerlukan desian untuk sebuah produk. Untuk melakukan desain tidak perlu terburu buru untuk pasuk ke dalam pasar. Desain bukan hanya tampilan tetapi memerlukan fungsi.

8.    Analytic

Menganalisis menjadi hal penting dalam wirausaha. Sehebat apapun firasat atau intuisi belajarlah membuat keputusan berdasar data.

9.    Technical

Memprogramka suatu keterampilan dalam duniagital. Pemahamaan sederhana tentang alogritma dan cara berpikir terstruktur akan mengembangkan pemikiran ogis untuk pemecahan masalaj yang kompleks

10. Learning

Online learning salah satu keterampilan di era gigital. Yang akan membantu meningkatkan kinerja dalam berbisnis.

https://duniakampus40.net 

.

Komentar

  1. bermanfaat sekali artikelnya, menambah wawasan baru👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  2. keren artikelnya! sangat membantu dan bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  3. alhamdulillah dpt ilmu baru, terimakasii

    BalasHapus
  4. artikel sangat bermanfaat, keren!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIGITAL MARKETING

  DIGITAL MARKETING Assalamu’alaikum sobat kampus semua, diera pandemic seperti ini sangat berkembang pesat teknologi informasi yang mendorong perubahan perilaku menggunakan media digital. Mulai dari mencari informasi, membeli sebuah makanan, membeli sebuah barang, dll melalui media digital. Di saat era pandemic seperti ini semakin mengakselerasi dan membuktikan sangat pentingnya digital marketing bagi kewirausahaan, di saat orang sudah tidak bisa mengakses secara kovensional di beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digila merupakan salah satu solusi dalam masa pandemic covid seperti ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran memalui pemanfaatan media digital. Saat ini kita akan membahas tentang digital marketing yang dimana sangat dibutuhkan sekali untuk para wirausahaan.   sobat kampus sudah tahu arti dari digital marketing? Mati kita bahas yu! Digital marketing merupakan