Langsung ke konten utama

DIGITAL MARKETING

 

DIGITAL MARKETING

Assalamu’alaikum sobat kampus semua, diera pandemic seperti ini sangat berkembang pesat teknologi informasi yang mendorong perubahan perilaku menggunakan media digital. Mulai dari mencari informasi, membeli sebuah makanan, membeli sebuah barang, dll melalui media digital.

Di saat era pandemic seperti ini semakin mengakselerasi dan membuktikan sangat pentingnya digital marketing bagi kewirausahaan, di saat orang sudah tidak bisa mengakses secara kovensional di beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digila merupakan salah satu solusi dalam masa pandemic covid seperti ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran memalui pemanfaatan media digital.

Saat ini kita akan membahas tentang digital marketing yang dimana sangat dibutuhkan sekali untuk para wirausahaan.  sobat kampus sudah tahu arti dari digital marketing? Mati kita bahas yu!

Digital marketing merupakan pemasaran produk yang menggunakan media digital dan jaringan internet. Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Digital marketing memiliki banyak keuntungan yaitu:

1.     dapat digunakan di semua jenis bisnis

2.     meningkatkan pendapatan dengan efektif

3.     mampu manjangkau target dengan spesifik

4.     dapat menggunakan prangkat apapun yang digunakan

5.     dapat dengan mudah membangun bisnis menjadi lebih maju.

Sobat kampus, sebelum kita menjelaskan lebih dalam tentang digital marketing, mari kita bahas terlebih dahulu bagimana cara merancang sebuah stategi/ recana strategis yang perlu kitalakukan agar usaha menjadi tumbuh dan berkembang, agar produk dapat lebih dikenal dan agar kita mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada di lingkungan kita.


Rancangan strategis sebelum memuali menajadi wirausahawan :

  •   situation analysis, mejelaskan tentang sekarang posisi kita berada dimana!
  •  Objective, menjelaskan tentang tujuan kita!
  •   Strategy, menjelaskan tentang bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut!
  •  Tavtics, menjelaskan tentang cara-cara lebih generic yang perlu kita lakukan           untuk mencapai tujuan kita seperti apa!
  •   Actions, menjelaskan tentang details titles of tectics!
  •   Control, menjelaskan tentang menyusun performance indikator, apakah langkah-langkah yang sudah kita susun strategi yang tekah kita buat action yang sudah kitalakukan apakah sudah cukup memenuhi target kita, dan sudah cukup bias mengarahkan kita pada tujuan yang kita inginkan!

Setelah kita membahas tentang rencana strategis untuk menjadi wirausahaan, mari kita bahas tentang jenis digital marketing apa yang bias kita gunakan untuk para wirausahaan.

1.     Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

2.     Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

3.     Sosial media marketing
Upaya mengedarkan platform di media sosial  seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

4.     Online advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

5.     Email marketing
Upaya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung mengenai produk ataupun jasa.

6.     Video marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Sobat kampus ternyata banyak sekli ya jenis digital yang bisa kita gunakan untuk menjadi wirausahawan yang hebat. Selanjutnya setelah sobat kampus tahu jenis digital apakah sobat kampus tahu bagaimana cara memulai untuk digital marketing? Mari kita bahas yu!


1.siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.

2.  2. siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.


3.     Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.


4.      masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Setelah kita membahas tentang cara memulai untuk digital marketing, selanjutnya mari kita bahas tentang strategi digital marketing.

1.     1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan indografis.


2.     Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.


3.     Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.


4.     Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.


5.     Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6.     6. Affiliate Marketing
Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.


7.     Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Sekian pemaparan materi digital marketing dari saya, jika ada yng ingin ditanyanyak  bisa komen di bawah, krang lebihnya mohon maaf Wassalamua’laikum wr.wb


Sumber:

Channel, Dedi Purwana (2021, 29 maret). Digital marketing-part#1. https://youtu.be/n9yB-KGt_2k

Bejar digital marketing terlengkap untuk pemula. https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-digital-marketing/

Jurnal enerpreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Digital marketing. https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/

 

 

Komentar

  1. Artikelnya informatiff, semangat lanjutinnya!!

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya 😍

    BalasHapus
  3. bagus bangt sangat menarik

    BalasHapus
  4. artikel yang sangat informatif dan bermanfaat, membantu menambah wawasan pengetahuan kita. semangat terus memberikan informasii2 lainnya!

    BalasHapus
  5. Keren banget sih ini!! Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. artikel sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Peluang Dan Tantangan Wirausaha Digital

  Strategi Peluang Dan Tantangan Wirausaha Digital Mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu matakuliah wajib yang di tempuh oleh selurus mahasiswa Universitas negri Jakarta. Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiwa Universitas Negri Jakarta, Fakultas ekonomi mengenai kewirausahaan digital. Pada hari Rabu, 17 maret   2021, saya mengumpulkan sebuah informasi dari seorang Ir.Ibm Jayamarta,Mm yang sangat   professional dalam bidang ITE, yang memiliki banyak sekali pengalaman, dan kompetensi dalam ITE, dan merupakan menejer di PT indoguna. Kewirausahaan digital memiliki banyak sekali kegunaan untu berbisnis. Kewirausahaan digital merupakan kegiatan bisnis yang memanfaatkan skill di bidang teknologi dan computer. Kewirausahaan digital memiliki manfaat sepeti mempromosikan sebuah brand ataupun produk menggunkan media digital/ sosial.             Contoh dari wirausaha digital oleh pt indoguna tentang bagaimana implementasi teknologi informasi dan bagaimana cara prospek ke