DIGITAL MARKETING
Assalamu’alaikum
sobat kampus semua, diera pandemic seperti ini sangat berkembang pesat
teknologi informasi yang mendorong perubahan perilaku menggunakan media
digital. Mulai dari mencari informasi, membeli sebuah makanan, membeli sebuah
barang, dll melalui media digital.
Di saat era
pandemic seperti ini semakin mengakselerasi dan membuktikan sangat pentingnya
digital marketing bagi kewirausahaan, di saat orang sudah tidak bisa mengakses
secara kovensional di beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan
maka media digila merupakan salah satu solusi dalam masa pandemic covid seperti
ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap
bisa melakukan promosi dan pemasaran memalui pemanfaatan media digital.
Saat ini kita
akan membahas tentang digital marketing yang dimana sangat dibutuhkan sekali
untuk para wirausahaan. sobat kampus
sudah tahu arti dari digital marketing? Mati kita bahas yu!
Digital
marketing merupakan
pemasaran produk yang menggunakan media digital dan jaringan internet.
Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon
konsumen dengan cepat. Digital
marketing memiliki banyak keuntungan yaitu:
1.
dapat digunakan di semua jenis bisnis
2.
meningkatkan pendapatan dengan
efektif
3.
mampu manjangkau target dengan
spesifik
4.
dapat menggunakan prangkat apapun
yang digunakan
5.
dapat dengan mudah membangun bisnis
menjadi lebih maju.
Sobat kampus,
sebelum kita menjelaskan lebih dalam tentang digital marketing, mari kita bahas
terlebih dahulu bagimana cara merancang sebuah stategi/ recana strategis yang
perlu kitalakukan agar usaha menjadi tumbuh dan berkembang, agar produk dapat
lebih dikenal dan agar kita mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada di
lingkungan kita.
Rancangan strategis
sebelum memuali menajadi wirausahawan :
- situation analysis, mejelaskan tentang sekarang posisi kita berada dimana!
- Objective, menjelaskan tentang tujuan
kita!
- Strategy, menjelaskan tentang
bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut!
- Tavtics, menjelaskan tentang cara-cara lebih generic yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan kita seperti apa!
- Actions, menjelaskan tentang details
titles of tectics!
- Control, menjelaskan tentang menyusun
performance indikator, apakah langkah-langkah yang sudah kita susun strategi
yang tekah kita buat action yang sudah kitalakukan apakah sudah cukup memenuhi
target kita, dan sudah cukup bias mengarahkan kita pada tujuan yang kita
inginkan!
Setelah kita
membahas tentang rencana strategis untuk menjadi wirausahaan, mari kita bahas
tentang jenis digital marketing apa yang bias kita gunakan untuk para
wirausahaan.
Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2. Search Engine Marketing
3. Sosial media marketing
Upaya mengedarkan platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
4. Online advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
5. Email marketing
Upaya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung mengenai produk ataupun jasa.
6. Video marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.
Sobat kampus ternyata banyak sekli ya jenis digital yang bisa kita gunakan untuk menjadi wirausahawan yang hebat. Selanjutnya setelah sobat kampus tahu jenis digital apakah sobat kampus tahu bagaimana cara memulai untuk digital marketing? Mari kita bahas yu!
2. 2. siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
3.
Anda
dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di
setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang
memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang
memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
4.
masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace
public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap
citra brand.
Setelah kita membahas tentang cara memulai untuk digital
marketing, selanjutnya mari kita bahas tentang strategi digital marketing.
1.
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi
sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk
menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari.
Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2.
Content Marketing
Merencanakan, membuat serta
membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca
mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat
dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book,
indografis serta brosur online.
3.
Otomatisasi
Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan
teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur
pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini
dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan media
sosial.
4.
Pay-Per-Klik
(PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke
situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar
lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya
setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5.
Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang
ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan
penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media
yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.
6.
6. Affiliate Marketing
Anda bermitra dengan layanan atau
situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke
bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
7.
Sosial Media
Marketing
Anda mempromosikan brand dan
konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger.
Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi,
pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat
waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda
gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.
Sekian pemaparan materi digital marketing dari saya, jika ada
yng ingin ditanyanyak bisa komen di
bawah, krang lebihnya mohon maaf Wassalamua’laikum wr.wb
Sumber:
Channel, Dedi Purwana (2021, 29 maret). Digital marketing-part#1.
https://youtu.be/n9yB-KGt_2k
Bejar digital marketing terlengkap untuk pemula. https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-digital-marketing/
Jurnal enerpreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
Digital marketing. https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/
Artikelnya informatiff, semangat lanjutinnya!!
BalasHapusTrimakasih atikah
HapusKerennn, sangat bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah,trimakasih
HapusTerimakasih informasinya 😍
BalasHapusMenarik dan sangat bermanfaat
BalasHapussangat bermanfaat!!
BalasHapuskeren, sangat informatif 👍🏻
BalasHapusKeren banget infonya makasih ya kaa
BalasHapusbagus bangt sangat menarik
BalasHapusartikel yang sangat informatif dan bermanfaat, membantu menambah wawasan pengetahuan kita. semangat terus memberikan informasii2 lainnya!
BalasHapusKerennn menambah wawasannn
BalasHapusKeren banget sih ini!! Sangat bermanfaat
BalasHapuswii informatif bgt artikelnyaa!
BalasHapusartikel sangat bermanfaat
BalasHapusBaguusss
BalasHapusBermanfaat sekali
BalasHapus